Superqurban

Superqurban
SUPERQURBAN: DARI SUMBA SAMPAI KE SOMALIA

Kamis, 25 November 2010

Formula Rubik 5x5x5 (Solved)

1. Menyelesaikan Center 3x3
Ada persamaan antara rubik 3x3x3 dengan rubik 5x5x5, dimana keduanya memiliki center yang sudah fix. Tidak seperti rubik 4x4x4 yang memiliki center yang belum fix. Jadi dengan rubik 5x5x5 kita tidak perlu menentukan posisi masing masing sisi. Putih sudah pasti akan berkebalikan/berseberangan dengan sisi kuning, merang berseberangan dengan orange, begitu juga biru berseberangan dengan hijau. Nah, langkah pertama buatlah satu center dahulu. Misalnya kita ambil yang pertama sisi putih. 

Buatlah satu baris di bagian tengahnya, atur posisinya di sisi atas. seperti gambar di bawah ini (No1). Lalu buat satu garis di untuk sebelahnya. Atur posisi di sisi samping (kanan/kiri/depan/belakang) (No2). Lalu masukkan/putar ke atas satukan dengan baris tengah yang telah disusun sebelumnya. Atur lagi baris terakhir warna putih di sisi samping (kanan/kiri/depan/belakang) (No3). Lalu satukan dengan baris putih yang telah tersusun di sisi atas (No4).  

Selanjutnya menyusun center 3x3 di sisi seberang dari putih, yaitu kuning. Langkahnya sama seperti langkah menyusun sisi putih di atas. Dan hasilnya akan menjadi seperti ini.
Selanjutnya menyusun center di samping, yaitu untuk merah, lalu biru, lalu orange dan hijau. Semakin jauh membuat center semakin sulit karena ruang gerak/putarnya semakin sempit. Hasil akhirnya adalah seperti gambar di bawah ini.
2. Pairing Triple Edge (Menyatukan 3 pasang pinggir)
Hampir sama dengan langkah pairing dedge pada rubik 4x4x4. Untuk menyatukan pinggir rubik 5x5x5 kita bisa dengan cara menyatukan satu per satu pinggirnya sampai ke tiga pinggir kita satukan. Kita kondisi yang serupa saja agar lebih mudah dalam mengingatnya. Atur kondisi edge agar seperti gambar di bawah ini (yang sebelah kiri), lalu selesaikan langkahnya sampai seperti gambar di sebelah kanannya. 
Menyatukan triple edge selanjutnya..

Selesaikan sampai nanti tersisa 2 tredge terakhir. Untuk menyelesaikan 2 tredge terakhir silakan ikuti langkah berikut.

Ada sedikit gambaran untuk langkah putaran E. Yuk mariii... 

Jika triple edge semua telah tersusun maka kita akan lihat hasilnya seperti berikut.
Setelah ini silakan selesaikan menggunakan rumus rubik 3x3x3. 
a. Susun lapis (layer) atas (untuk putih misalnya).
b. Lalu selesaikan untuk baris kedua. Baris kedua disini terdiri dari 3 layer yang telah tersusun warnanya. (Lihat gambar di atas).
c. Putar balik pegangan rubik (sisi putih menjadi di bagian bawah, dan sisi kuning menjadi di bagian atas. Lalu ikuti langkah membuat/menyusun palang (+). 
d. Menyamakan sisi palang dengan center 3x3x3. 
e. Selesaikan dengan Finishing I dan Finishing II.
Selesai.. 

Rumus Rubik Piramynx, soon... 


6 komentar:

  1. Tutorial yang mantap gan (y) izin share di blog ane yah... http://www.jualrubik.com/2013/10/cara-cepat-menyelesaikan-rubik-5x5x5.html

    Oh yah Follow back Blog ane yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika anda butuh nomor togel 2D 3D 4D di jamin tembus 100% silahkan hub AKI SAJIWO di nmr hp beliau 085-322-061-788 terimah kasih

      Hapus
  2. information that is extraordinary,,, do not forget a visit back,,

    http://rubik-solve.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. Gmna caranya buat rumus center 3x3x3

    BalasHapus
  4. Gimana lantai terakhirnya ini. Warnanya terbalik sehingga tidak bisa ters3lsaikan dg rumus L atau Ikan

    BalasHapus