Superqurban

Superqurban
SUPERQURBAN: DARI SUMBA SAMPAI KE SOMALIA

Sabtu, 15 Januari 2011

Rumus Rubik Megaminx (Formula Rubik Megaminx) (Kunci Rubik Megaminx) - Solved

Rubik Megaminx memiliki 12 sisi, dan di bagi menjadi 5 Layer, seperti terlihat pada gambar. Dalam penyelesaiannya seperti biasanya, kita hanya menyusun satu per satu dari tiap layer, mulai dari layer 1 sampai layer 5.

<div class=”fullpost”>
1. Menyusun Layer 1
Untuk menyusun layer 1 hanya membutuhkan logika saja, gunakan teknik menjemput. Dan aku anggap kamu-kamu sudah bisa menyusun layer ini.
2. Menyusun Layer 2
Center Megaminx (O) sudah fix pada tempatnya, sehingga dalam menyusun Layer 2, tidak akan sulit. Ini sama seperti menyusun layer 2 pada rubik 3x3x3.

3. Meyusun Layer 3
Layer ke-3 tidak terlalu sulit, tapi layer ini yang paling panjang. Jadi dalam penyelesainnya cukup lebih lama. Tips aja menurut saya, agar mudah dalam penyusunan. Fix-kan dahulu untuk posisi yang berada di sudut bawah, lalu lanjutkan posisi sudut atas, dan terakhir melengkapi bagian tengahnya, antara sudut bawah dan sudut atas. Seperti terlihat di gambar berikut.

Kadangkala dalam menyusun layer ke-3 ini posisi cube (x) terbalik, sehingga perlu ada langkah tambahan, seperti langkah berikut:

4. Menyusun Layer 4
Layer 4 juga mudah untuk diselesaikan, lakukan seperti menyusun layer 2.

5. Menyusun Layer 5
Dalam menyelesaikan layer 5 ini ada beberapa tahap yang perlu dilakukan.
a. Membuat Bintang
Ada tiga kondisi yang mungkin terjadi di sisi terakhir layer 5. Ikuti langkahnya seperti pada gambar.

b. Menyamakan sisi bintang dengan masing-masing center. Langkah ini hampir sama dengan menyamakan sisi palang  (+) pada rubik 3x3x3. Jadi mudah untuk mengingatnya bukan? Pola yang akan selalu terjadi padlangkah ini adalah :
- cube (a) dan (b) akan tetap berada pada posisinya.
- cube (c) akan begeser ke posisi cube (d).
- cube (d) akan bergeser ke posisi cube (e), dan
- cube (e) akan bergeser ke posisi cube (c).
Terkadang dalam menyelesaikan langkah ini, tidak langsung tersusun awalan seperti pada gambar. Maka dari itu mngetahui pola langkah itu sangat mempermudah penyelesaiannya.

c. Meletakkan tiap sudut piece cube pada posisinya.
Langkah ini sama persis dengan Finishing pada rubik 2x2x2, meletakkan piece cube pada posisinya. Untuk mempermudah, sebagai bantuan kita tentukan masing-masing sudut cube, dengan angka romawi kecil dari i, ii, iii, iv, dan v.
d. Menyusun Orientasi yang tepat pada setiap sudut cube.
Menyusun Orientasi yang tepat pada setiap sudut cube pada layer 5 juga sama dengan penyelesaian pada rubik 2x2x2, jika perlu silakan bisa dilihat kembali pada rubik 2x2x2. Perlu diingatkan kembali dalam mengerjakan langkah ini, yaitu tetap fokus pada piece cube nomor (i) karena cube ini yang akan diselesaikan, dan jangan terganggu pada  perubahan (acak) yang terjadi pada layer di bawahnya (karena jika kita sudah mengambil satu patokan sisi depan, maka kondisi acak di layer bawahnya akan kembali seperti semula). Oleh karena itu aku ingatkan bahwa kita perlu mengambil satu sisi sebagai acuan/patokan, seperti terlihat pada gambar yang menjadi patokan adalah sisi merah. Lalu ikuti langkah seperti rumus di bawah ini. Mudah kok, Oke bro..
</div>

2 komentar: