Superqurban

Superqurban
SUPERQURBAN: DARI SUMBA SAMPAI KE SOMALIA

Minggu, 27 Februari 2011

MIRROR RUBIK 3x3x3


Dalam memainkan Rubik Mirror 3x3x3, sungguh aku ngga bosen-bosennya mengulang.., mengulang.. terus. Meskipun pada dasarnya rumus/formula yang digunakan sama persis dengan Rubik 3x3x3. Asik aja sih nyari-nyari sisi bentuk yang sesuai, beda dengan Rubik 3x3x3, rubik 4x4x4, atau rubik 5x5x5, yang cenderung gampang bosan jika sudah terselesaikan meskipun baru beberapa kali. Jadi gimana caranya? ... ya silakan selesaikan dengan menggunalan rumus 3x3x3. Hehe..

Disini aku hanya ingin cerita saja, sedikit mungkin... berbagi cara atau tips menurut versiku saja... yang mengkin tidak lebih baik dari kawan-kawan semua yang udah pada jago mainnya.. Yuk kita lihat dulu gambarnya.. Rubik Mirror..


Dari bentuk.. keseluruhan berbentuk kubus yang simetris, dengan pola warna yang sama, alias satu warna pada tiap sisinya, biasanya kebanyakan warna sisinya metalik, atau perak mengkilat. Bedanya dengan rubik 3x3x3 adalah pada rubik mirror, tiap piece cube yang tidak simetris satu dengan lainnya. Ada satu sisi yang lebih tebal, ada yang lebih tipis, ada yang lebih besar, atau lebih kecil.

So.. apa dong tips-nya? Baiklah..
1. Tentukan layer atas yang akan disusun pertama kali.
Satu hal yang sama penting dengan rubik 3x3x3 adalah rubik mirror juga memiliki center yang tidak akan berubah (center sudah fix). Center ini yang nantinya akan kita gunakan sebagai patokan. Seperti dalam menyusun Layer paling atas, kita akan melihat center terlebih dahulu sebelum melirik piece yang lainnya.


2. Membuat palang Layer atas
Palang layer atas disusun dengan memperhatikan center pada sisi/muka sampingnya. Langkahnya yaitu, pertama cari sisi yang sejajar/rata dengan center atas, lalu cari juga dengan sisi samping yang sejajar/rata. Begitu seterusnya hingga tersusun palang dengan sisi atas rata/sejajar, dan juga sisi palang yang sejajar dengan center sampingnya.



3. Melengkapi pojok layer atas
Jika palang layer atas sudah tersusun silakan lanjutkan untuk menyelesaikan tiap pojok di layer atas. Pada tahap ini penyelesaiannya masih menggunakan logika, belum menggunakan rumus.


4. Menyusun Layer tengah



Rumusnya sama dengan rubik 3x3x3, ada sedikit tips yaitu:
a. Untuk A ke C, sama ratakan permukaan sisi A dan O, lalu pastikan A dan C memiliki ketinggian yang sama (ketinggian seperti terlihat garis biru di bawah ini. Lalu gunakan rumus D' R' D R D F D' F'.
b. Untuk A ke B, sama ratakan permukaan sisi A dan O, lalu pun pastikan A dan B memiliki ketinggian yang sama. Barulah bisa menggunakan rumus D L D' L' D' F' D F.
Selesaikan layer tengah dengan cara seperti itu.


5. Menyusun Layer tiga
a. Membuat palang
Dalam membuat palang layer ke tiga sama seperti rubik 3x3x3, pertama buat sisi rata dengan bentuk garis atau bentuk L. Pastikan bentuk garis dan L sudah dalam kondisi rata permukaannya. Setelaj itu barulah bisa menggunakan rumus:
Untuk bentuk garis F U R U' R' F' - F U R U' R' F'
Untuk bentuk L, gunakan rumus F U R U' R' F'
Jika benar, maka palang akan tersuusn dengan permukaan yang sama rata.


b. Menyamakan sisi palang dengan center sampingnya.
Masih ingat pola yang terjadi pada langkah ini? Lihat kembali untuk mengingatkan..



Rumusnya adalah R U R' U R U2 R'
c. Finishing
Jangan lupa polanya ya...



Silakan gunakan rumusnya:
Finishing 1.a : R' U L U' - R U L' U'
Finishing 1.b : L U' R' U - L' U' R U
Finishing 2 : L U L' U L U2 L' - R' U' R U' R' U'2 R

Oke, selesai sudah, silakan mencoba..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar