Superqurban

Superqurban
SUPERQURBAN: DARI SUMBA SAMPAI KE SOMALIA

Kamis, 11 November 2010

Rubik Cube

Waktu itu aku ngantor seperti biasanya, lalu sejenak berkunjung ke WS (work station) sohibku.  Kulihat di mejanya ada gantungan kunci berbentuk rubik, lalu aku ambil. Melintas di kepalaku pada seorang teman yang pernah mengajariku rubik 6 th silam, ketika masih kuliah. Spontan pikiranku langsung melayang.. mengingat rumus rubik 3x3x3 yang hilang. Hmm.. Dari sinilah awal mula bertebarnya tren rubik di kantorku. Setelah aku dapatkan rumusnya, sedikit berbeda dengan yang dulu aku dapatkan dari temanku, tapi tak apalah, yang sekarang aku sudah menemukan rumusnya kembali. haha.. senangnyaa..

Baiklah.. kita coba kenalan dulu dengan rubik yuk..!

Sejarah Rubik Cube

The Rubik's Cube adalah sebuah 3-D teka-teki mekanik ditemukan pada tahun 1974 dari Hungaria pemahat dan profesor arsitektur Ernő Rubik. Latar belakang Erno Rubik sebagai Arsitek dan ketertarikan nya akan bentuk geometry 3D membuatnya menciptakan Rubik Cube yang sangat terkait erat dengan struktur dan bentuk geometry. Awalnya disebut "Magic Cube", teka-teki ini dilisensikan oleh Rubik untuk dijual oleh Ideal Toys tahun 1980 dan memenangkan permainan Jerman Tahun penghargaan khusus Teka-teki Terbaik tahun itu. Pada Januari 2009, 350 juta kubus telah terjual di seluruh dunia membuat dunia atas-menjual permainan puzzle. Hal ini secara luas dianggap sebagai dunia mainan terlaris.

Pada Mei 2007, Thibaut Jacquinot dari Perancis menjadi orang pertama yang menyelesaikan Cube di bawah 10 detik dalam persaingan terbuka, menetapkan waktu rekor dunia 9,86 detik. Saat ini rekor dunia untuk memecahkan satu ditetapkan oleh Erik Akkersdijk pada 2008 Ceko Buka dengan waktu 7,08 detik. Cubing Kejuaraan Kecepatan diadakan di Budapest pada Oktober 2007 dan dihadiri oleh Ernő Rubik sendiri. Pada 2007, Rubik's Cube mengalahkan persaingan ketat untuk diakui dalam daftar CoolBrands tahunan oleh Superbrands organisasi.

Berdasarkan penelitian tentang Rubik's Cube diperoleh fakta yang mencengangkan. 1 dari 5 orang dewasa di Benua Eropa dan Amerika pernah memainkan Rubik's Cube Hanya 2 diantara 100 orang yang pernah memainkan Rubik's Cube mampu menyelesaikannya. Terdapat 43.252.003.274.489.856.000 ( 4.3 x 1019 ) kombinasi kemungkinan dalam sebuah Kubus Rubik standar 3x3x3 namun hanya terdapat 1 penyelesaian. 

(Sumber: Dari berbagai sumber)



1 komentar: