Superqurban

Superqurban
SUPERQURBAN: DARI SUMBA SAMPAI KE SOMALIA

Jumat, 12 November 2010

Menyelesaikan Rubik 3x3x3 (solved)


1.       Membuat satu layer (lapis)
Untuk membuat satu lapis kita harus tentukan dahulu sisi mana yang akan kita buat terlebih dahulu. Disini tidak ada patokan khusus harus sisi tertentu yang harus dikerjakan dahulu, tapi kamu bebas tentukan sendiri sesuai selera. Tapi pada umumnya kita bisa memulai dengan sisi warna putih. Dalam membuat satu layer ini tidak ada rumus khusus untuk menyelesaikannya, dan aku anggap teman-teman semua sudah bisa dalam menyelesaikan 1 layer ini. Bagi yang belum gimana? Silakan coba aja dulu ya, itung-itung membiasakan putaran-putarannya. OK.


2.       Membuat layer (lapis kedua)
Ada dua kondisi yang memungkinkan ketika akan menyelesaikan layer (lapis) ke dua.
Kondisi pertama, yaitu kondisi A ke B, rumusnya: D L D’ L’ D’ F’ D F
Kondisi kedua, yaitu kondisi A ke C, rumusnya: D’ R’ D R D F D’ F’
Selesaikan untuk keempat sisi tengahnya.

3.       Membuat palang +
Membuat palang ini ada perubahan posisi rubik, dimana bagian yang sudah diselesaikan, yaitu lapis ke-1 (putih) dan lapis ke-2 sekarang diletakkan di bagian bawah. Jadi, kita akan membuat palang untuk sisi bagian atas (kuning).

Ada tiga kondisi kemungkinan sebelum kita dalam “membuat palang ini”.
Rumusnya: F U R U’ R’ F’
Kondisi pertama, jika lapis atas berupa titik (satu warna kuning pada center-nya). Rumus di atas akan menghasilkan seperti kondisi kedua (garis lurus vertikanl/horizontal)
Kondisi kedua, jika lapis atas berupa garis lurus (vertikal/horizontal). Rumus di atas akan menghasilkan seperti kondisi ketiga (berbentuk L atau L terbalik).
Kondisi ketiga, jika lapis atas berupa L atau L terbalik. Untuk kondisi ketiga ini posisi yang harus diambil adalah L terbalik (lihat seperti gambar). Kondisi ini bisa diselesaikan dengan rumus di atas.

4.       Menyamakan sisi palang dengan center O
Jika sudah membentuk palang pada sisi atasnya, maka langkah selanjutnya adalah menyamakan sisi samping (A atau B) dengan sisi tengah (O). Pastikan kamu mengetahui pola yang terjadi pada langkah ini. Lihat polanya pada gambar. Pola itu maksudnya adalah, A akan tetap pada posisinya, lalu D akan ke posisi B, B akan ke posisi C, dan C akan ke posisi D. Jika sudah mengetahui polanya, langkah pertama kamu harus menentukan satu sisi yang menjadi patokan, misalnya seperti pada gambar kita ambil sisi warna biru, samakan biru (A) dengan center (O). Disini posisi AO tidak akan berubah posisi. Lalu ikuti rumus berikut: R U R’ U R U U R. Jika benar maka kita akan mendapatkan hasil seperti gambar.



5.       Penyelesaian (finishing) I
Nah akhirnya kita sudah sampai pada Finishing. Kenapa disebut finishing, dan kenapa ada Finishing I dan Finishing II? Karena dengan langkah ini bisa saja langsung terselesaikan, hanya dengan menggunakan langkah Finishing I (A) misalkan, atau Finishing I (B), lalu Finishing II, tanpa harus menerapkan Finishing i (A), atau bisa langsung menerapkan Finishing II saja, bisa sekali putaran atau 2, atau bahkan 2-4 kali putaran.
Tujuan pada langkah ini adalah membuat dua sudut bersebelahan dengan kondisi warna yang sesuai pada tempatnya (posis A dan B yg sudah sesuai pada tempatnya), lihat pada gambar.

Nah, bagaimana caranya, langkah pertama kita buat  satu posisi kubus yang sesuai dengan tempatnya, tujuannya untuk menjadikan ia sebagai patokan, seperti gambar terlihat sudah di tetapkan patokan pada sudut kiri atas (agar bisa melakukan langkah Finishing I (A)), atau kita buat patokan di sudut kanan atas (agar bisa mengerjakan langkah Finishing I (B). Hal penting yang harus diketahui adalah posisi kubus O tidak akan berubah posisinya. Pastikan mengetahui polanya agar kita tahu hasil akhirnya.
Rumusnya adalah, Finishing I (A): R’ U L U’ R U L’ U’, Finishing I (B): L U’ R’ U L’ U’ R U. Ingat langkas Finishing ini tidak selalu dikerjakan dalam 1 kali putaran, bisa saja 2, 3 atau lebih, tergantung kondisinya. Oke..

6.       Penyelesaian (finishing) II
Setelah kita buat 2 sudut bersebelahan yang sudah sesuai pada posisinya (sepeti pada gambar, posisi  A dan B tidak akan berubah), maka kita bisa selesaikan dengan mengerjakan langkah Finishing II. Jangan lupa ketahui dulu polanya seperti terlihat pada gambar. Ambil posisi seperti pada gambar, lalu selesaikan dengan rumus: (L U L’ U L U U L’) (R’ U’ R U’ R’ U’ U’ R).


Oke. Silakan mencoba. Berikutnya akan kita temukan Rumus Rubik 4x4x4.

2 komentar: